Selasa, 31 Januari 2017

Workshop SAGUSABLOG IGI Keren

Sagusablog IGI
Putussibau, 01 Februari 2017 " Ikatan Guru Indonesia (IGI) nyata kembangkan kompetensi Guru lewat kanal-kanalnya yang kreatif dan inovatif"

Inilah sebuah kalimat apresiasi yang saya ungkapkan untuk organisasi profesi guru "Ikatan Guru Indonesia (IGI)" resmi dengan SK. Kemenkumham No:AHU-125 AHA 01 06 Tahun 2009. IGI yang fokus kegiatannya pada peningkatan kompetensi anggotanya "guru" melakukan berbagai workshop melalui kanal-kanal yang dimiliki IGI maupun lewat asosiasinya. Workshop dilaksanakan dengan berbagai cara baik secara ofline (tatap muka) maupun online. Salah satu kanal yang dimiliki IGI yaitu SAGUSABLOG.

SAGUSABLOG ( Satu Guru Satu Blog) merupakan salah satu program IGI untuk mewujudkan masing-masing guru memiliki blog khusus berisi konten pendidikan. Blog guru tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagi pengalaman, ilmu dan untuk keperluan pembelajaran bagi siswa yang dididiknya serta diharapkan menambah konten-konten positif di internet sehingga mampu mengimbangi konten-konten negatif yang terus bertambah. Workshop SAGUSABLOG dilaksanakan secara full online dengan menggunakan aplikasi/media sosial telegram. Keikutan peserta workshop SAGUSABLOG IGI gratis (tanpa dipunggut biaya) dengan syarat yang telah ditentukan pengelola SAGUSABLOG IGI.

Workshop SAGUSABLOG IGI saat ini sudah memasuki gelombang 6 yang dilaksnakan dari tanggal 29 Januari-5 Februari 2017. Workshop SAGUSABLOG IGI dibimbing langsung oleh pelatih profesional yang dimiliki IGI yaitu Amin Mungamar (Mr. Mung) (Kabid TI PP IGI) dan Dahli Ahmad (Kabid Organisasi dan Keanggotaan PP IGI) dan pelatih Workshop SAGUSABLOG IGI lainnya. Workshop SAGUSABLOG IGI gelombang 6 ini terdiri atas kelas dasar dan kelas lanjutan. materi kelas dasar teridiri dari 6 modul dan 9 modul untuk kelas lanjutan. Peserta yang lulus kelas dasar sebelum berakhirnya Workshop SAGUSABLOG IGI gelombang 6 dapat naik kelas ke kelas lanjutan. Peserta yang lulus kelas lanjutan berhak mendapatkan sertifikat (41 jam) yang ditandatangi langsung ketua IGI pusat.

Adapun  materi Workshop SAGUSABLOG IGI gelombang 6 adalah sebagai berikut.

KELAS DASAR (BAGI YANG BELUM PERNAH MENGIKUTI WORKSHOP SAGUSABLOG):
  1. Membuat blog dengan blogger (Modul 1 Tk. Dasar).
  2. Mengganti dan mendesain template bawaan blogger (Modul 2 Tk. Dasar).
  3. Mendesain Header blog (Modul 3 Tk. Dasar).
  4. Mengelola dan Menghias Blog (Modul 4 Tk. Dasar):
    - Posting artikel, gambar, teks, video
    - Posting Laman
    - Posting artikel dengan pemenggalan paragraf
    - Membuat label/ kategori postingan
    - Menambahkan widget-widget penting seperti: popular post, Daftar link, Statistik Blog
    - Membuat link dalam tulisan
  5. Membuat dan Mengelola Menu Blog (Modul 5 Tk. Dasar).
  6. Membuat dan mengelola soal online di google drive (Modul 6 Tk. Dasar).

KELAS LANJUTAN (BAGI YANG SUDAH LULUS SAGUSABLOG KELAS DASAR):
  1. Membuat blog dengan engine blogger (Modul 1 Tk. Lanjut)
  2. Mengganti template dari pihak ke 3 (Modul 3 Tk. Lanjut)
  3. Mendesain header blog dengan adobe photoshop (Komputer) atau PictArt (Android) (Modul 4 Tk. Lanjut)
  4. Mengelola menu dan sub menu blog melalui EDIT HTML Template (Modul 5 Tk. Lanjut)
  5. Optimasi SEO (Search Engine Optimization) (Modul 7 Tk. Lanjut)
  6. Monetize Blog (Modul 8 Tk. Lanjut)
  7. Custom Domain Berbayar dan domain gratis (Modul 9 Tk. Lanjut)
Modul berisi materi dan video tutorial akan didapatkan setelah masuk kelas Workshop SAGUSABLOG IGI.

Hasil Workshop SAGUSABLOG IGI saya dapat dilihat pada blog dengan alamat http://oktoigi.blogspot.com . Tampilan blog yang tlah saya buat di Workshop SAGUSABLOG IGI ini sementara seperti itu hasilnya dan kedepannya saya akan berusaha mengembangkannya dengan memperbaiki dan menambah postingan maupun konten-konten yang bermanfaat bagi pengunjung blog.

Demikian sekilas info Workshop SAGUSABLOG IGI_ "Salam SAGUSABLOG"

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html