SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: LINGKUNGAN
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Sub tema
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
AW
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
(IPS)
1. Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
(IPA)
2. Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
(BI)
1. Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
(MTK)
1. Melakukan
operasi hitung bilangan sampai tiga angka
|
(IPS)
1.1 Menceritakan lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah dan sekolah
(IPA)
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
(BI)
1.1.Melakukan sesuatu berdasarkan
penjelasan yang disampaikan
(MTK)
1.1 Menentukan letak bilangan pada
garis bilangan
|
Lingkunngan Rumahku
|
1. Membedakan lingkungan alam dan buatan
2. Menyebutkan contoh lingkungan alam di sekitar
rumah
3. Memberikan contoh lingkungan buatan di sekitar
rumah
4. Mengidentifikasi ciri-ciri lingkungan sehat
berdasarkan pengamatan
5. Menyebutkan ciri lingkungan yang tidak sehat
berdasarkan pengamatan
6. Melakukan perintah orang tua berdasarkan penjelasan
yang disampaikan
7. Mengurutkan bilangan sampai tiga angka pada
garis bilangan
|
1. Membedakan lingkunngan alam dan lingkungan
buatan
2. Mengidentifikasi contoh-contoh lingkungan alam
dan lingkungan buatan di sekitar rumah
3. Mengamati lingkungan sekitar rumah yang sehat
dan yang tidak sehat
4. Menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak
sehat
5. Mengidentifikasi perintah-perintah yang pernah
diberikan orang tua
6. Menjelaskan perintah tersebut
7. Melakukan parodi penokohan tentang kehidupan di
rumah
8. Menyebutkan benda-benda di lingkungan rumah yang
jumlahnya mencapai bilangan tiga angka
9. Membandingkan bilangan tiga angka
10. Mengurutkan bilangan tiga angka melalui
permainan
|
Tes Lisan, Tertulis, Performance, Pengamatan
|
12 JP/
(2 hari pertemuan)
|
|
(IPS)
1. Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
(IPA)
2. Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
(PKn)
1. Mengamalkan
makna Sumpah Pemuda
(BI)
2. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan
tanggapan/saran
3. Memahami teks dengan membaca
nyaring, membaca intensif, dan memabaca dongeng (membaca)
4. Mengungkapkan
pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi
(MTK)
1. Melakukan
operasi hitung bilangan sampai tiga angka
|
(IPS)
1.1 Menceritakan lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah dan sekolah
(IPA)
2.1 Membedakan ciri-ciri lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
2.2Mendeskripsikan kondisi
lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan
(PKn)
1.1Mengenal makna satu nusa, satu bangsa
dan satu bahasa
(BI)
2.2Menjelaskan urutan membuat atau
melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
3.1.Membaca nyaring teks (20-25
kalimat) dengan lafal dan intonasi
4.1 Menyusun paragraf berdasarkan
bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan
(MTK)
1.1 Menentukan letak bilangan pada
garis bilangan
|
Lingkunngan Sekolahku
|
1. Menyebutkan lingkungan alam di sekitar sekolah
2. Memberikan contoh lingkungan buatan di sekitar
sekolah
3. Membedakan lingkungan sekolah yang sehat dan tidak
sehat
4. Mejelaskan pengaruh kondisi lingkungan terhadap
kesehatan
5. Mengidentifikasi keberagaman yang ada di
lingkungan sekolah
6. Membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan
bangsa di lingkungan sekolah
7. Membaca teks sumpah pemuda
8. Membuat permainan dengan kalimat runtut yang
mencerminkan makna sumpah pemuda
9. Menjelaskan peraturan permainan secara runtut
dan mudah dipahami
10. Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
|
18 JP/
(3 hari pertemuan
|
0 komentar:
Posting Komentar