Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(
RPP )
A.
Identitas
Satuan
Pendidikan : SD Negeri 10 Sengkuang Kuning
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : III / 2
Alokasi
Waktu : 3 x 35 menit
Pertemuan
ke : Pertama
B. Standar Kompetensi :
4.
Memahami berbagai cara gerak benda,
hubunganya dengan energi dan sumber
energi
C. Kompetensi Dasar
:
4.1. Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi
oleh bentuk dan ukuran
D. Indikator :
4.1.1
Menjelaskan pengertian gerak
4.1.2
Menyebutkan
berbagai cara gerak benda
E.
Tujuan
Pembelajaran :
1.
Dengan mengamati
demonstrasi guru tentang gerak suatu benda, siswa dapat menyimpulkan pengertian
gerak
2.
Dengan mengamati
demonstrasi guru tentang berbagai cara gerak benda, siswa dapat menentukan
jenis gerak benda berdasarkan cara gerak yang didemonstrasikan guru.
F.
Materi
Pokok Pembelajaran
Gerak
Benda
Gerak merupakan perpindahan tempat atau kedudukan. Gerak
benda dapat terjadi dengan berbagai cara antara lain jatuh, mengalir, memantul,
menggelinding, berputar dan tenggelam.
1. Gerak benda jatuh
Pernahkah
kamu melihat buah mangga yang jatuh dari pohon? Buku dan pensil kamu jatuh dari
atas meja? Bagaimana arah geraknya? (tentu gerakanya ke bawah bukan?) jenis
gerakan seperti itu disebut jatuh.
2. Gerak benda mengalir
Gerakan
semua benda cair seperti air, selalu mengalir. Secara alami, benda cair akan
mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Seperti air sungai yang
berasal dari mata air di pegunungan atau
berasal dari air hujan. Air sungai kemudian mengalir ke laut yang
letaknya lebih rendah. Adanya perbedaan
ketinggian antara pegunungan atau sungai dengan laut menyebabkan air
dapatmengalir. Jadi, air mengalir dari tempat tinggi ke tempat lebih
rendah.
3. Gerak benda memantul
Pernahkah kamu melemparkan bola ke arah dinding?
Bagaimana arah bola yang mengenai dinding tersebut? Setelah bola membentur
dinding, bola akan kembali kepadamu, bukan? Gerakan itulah yang disebut
memantul.
4. Gerak benda menggelinding
benda yang
bergerak dengan cara menggelinding adalah benda yang berbentuk bulat seperti bola dan
kelereng. Jika kamu menendang bola atau bola berada pada lintasan miring,
maka bola akan bergerak berputar sambil
berpindah ke arah tertentu. Gerakan semacam ini disebut mengelinding. Gerak
menggelinding menyebabkan kedudukan
benda berubah.
5. Gerak benda berputar
Pernahkah kamu
melihat kincir angin? Bagaimanakah gerakannya? Pernahkah kamu menggunakan kipas angin saat udara
di dalam rumahmu terasa
panas? Bagaimanakah gerakannya? Gerakan pada kincir angin dan
kipas angin tersebut dinamakan berputar.
Benda umumnya berputar pada as atau porosnya.
6. Gerak benda tenggelam
Sebuah benda dikatakan tenggelam jika benda bergerak dari
permukaan air menuju dasar wadah yang menampung air tersebut.
G.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran : Pendekatan kontekstual
2.
Metode Pembelajaran
: Demonstrasi, Tanya jawab dan Penugasan
H.
Langkah-langkah Kegaitan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (15
menit)
a. Salam dan presensi
b. Apersepsi
1. Zona Alfa : Brain Gym
2. Scene Setting : anak-anak, pernahkan kalian melihat buah
durian lepas dari dahannya dan menuju bumi? Pernahkah kalian sampah hanyut di
atas permukaan air sungai? Atau kalian menendang bola kaki, apa yang terjadi
pada bola tersebut? Berberapa kejadian tersebut merupakan gerak suatu benda.
Nah, hari ini kita akan mempelajari gerak benda.
3. Pre-teach : anak-anak pada pembelajaran hari ini kita
akan mengamati gerak suatu benda, masing-masing kalian akan mendapatkan lembar
aktivitas siswa dan mengerjakan proyek yang terdapat pada lembar aktivitas
siswa tersebut. Jadi bapak harapkan kita harus fokus pada seluruh aktivitas
pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti (70
menit)
a.
Siswa mengamati
aktivitas demonstrasi oleh guru tentang gerak suatu benda, antara lain :
1).
guru memindahkan buku tulis di atas meja guru ke meja siswa
2).
guru memindahkan penghapus
b.
Siswa dengan
bimbingan guru menyimpulkan pengertian gerak.
c.
Siswa dibagikan
lembar aktivitas siswa pada saat mengamati demonstrasi guru tentang berbagai
cara gerak suatu benda.
d.
Siswa menentukan
jenis gerak benda berdasarkan pengamatan aktivitas demonstrasi oleh guru
tentang berbagai cara gerak suatu benda dengan mengisi kolom tabel pada lembar
aktivitas siswa.
e.
Siswa dan guru
melakukan tanya jawab untuk menyimpulkan jenis-jenis gerak benda beserta ciri
dan kegunaan masing-masing gerak benda dan siswa menuliskannya pada lembar
aktivitas siswa.
f.
Siswa dengan
bimbingan guru mencatat dengan cara membuat mind
map tentang rangkuman materi pelajaran
3.
Kegiatan Penutup
(20 menit)
a. Siswa mengerjakan soal evaluasi untuk mengetahui/mengukur
ketercapai tujuan pembelajaran
b. Guru memberikan tindak lanjut berupa apresiasi terhadap
proses dan hasil belajar siswa
c. Salam penutup
I.
Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Sumber Belajar
a. BNSP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Jakarta : Depdiknas.
b. Priyono dan Titik Sayekti. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam
untuk SD dan MI Kelas III. Jakarta Pusat Perbukuan Depdiknas.
2.
Media Pembelajaran
a. Polpen, Spidol, kertas.
b. Bola kasti, bola pingpong, bola kaki
c. Jam dinding,
d. Air, ember dan paku.
J. Penilaian
1.
Jenis Penilaian :
Penilaian Keterampilan Proses Sains
2.
Teknik Penilaian : Observasi dan tes tertulis
3.
Kisi-kisi Instrumen
Penilaian (terlampir)
4.
Pedoman Penskoran
(rubrik terlampir)
5.
Instrumen penilaian
(lembar observasi dan soal tes terlampir)
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
|
Sengkuang Kuning, Januari
2017
Guru Kelas III
(Peneliti)
|
|
|
|
Lusia
Muhniarti, S.Pd
NIP 19700803 199303 2 006
|
|
Oktoriyadi,
S.Pd
NIP 19881007 201402 1
001
|
0 komentar:
Posting Komentar